Rabu, 18 Februari 2015

Tips Menulis Artikel Berkualitas di Blog Paling Gampang

Halo Sobat… Kali ini saya ingin berbagi tentang cara membuat/menulis artikel yang full orisinil dan berkualitas yang paling gampang untuk blog anda. Ilmu ini saya dapat dari berbagai pengalaman, seperti pembicaraan saya dengan seorang wartawan beberapa tahun lalu, pengalaman saya menulis di wikipedia, pengetahuan saya dari sekolah, wawasan saya dari membaca, dan sebagainya.
Menulis artikel berkualitas itu tidak sulit, tergantung bagaimana cara kita menggunakan kata-katanya, mengolah kalimatnya dan menata alur ceritanya.
( i ) Inti dari menulis artikel orisinil dan berkualitas hanya ada 4 point, yaitu
buatlah judul dan deskripsi judul, lalu berikan keterangan pelengkap dan tambahlah gambar.
* Sekarang silakan simak uraian saya dibawah ini;
1. Judul
Judul adalah wajah dari artikel. Pertama carilah ide untuk membuat sebuah judul. Misalnya, anda mau bikin judul tentang “Pisang Goreng”. Nah, maka kata pisang goreng ini harus anda bungkus ke dalam kalimat yang menarik agar postingan anda juga menarik.
Contoh:
Sarapan Pagi Dengan Pisang Goreng.
* Horee… Anda sudah berhasil membuat judul. Sekarang tugas anda berikutnya adalah membuat deskripsi judul.
2. Deskripsi Judul
Deskripsi judul adalah keterangan yang menerangkan inti judul. Inti judul anda pisang goreng, maka tanyakanlah pada diri sendiri, “apa pisang goreng itu?”. Setelah itu jawablah dengan tulisan.
Contoh:
“Pisang goreng adalah makanan ringan yang terbuat dari buah pisang masak yang diberi adonan tepung terigu dicampur gula serta diberi bahan-bahan lain agar menghasilkan rasa dan aroma yang manis dan gurih lalu digoreng menggunakan minyak goreng”.
* Horee… Anda telah berhasil membuat deskripsi. Deskripsi judul ini bertujuan untuk menerangkan kepada pembaca agar mereka tahu apa pisang goreng itu, sebelum mereka membaca keterangan lainnya lebih jauh. Sekarang tugas anda adalah membuat keterangan pelengkap.
3. Keterangan Pelengkap
Keterangan pelengkap adalah kalimat tambahan yang menerangkan hal-hal sebelumnya. Ini bebas anda mau menulis apa saja asalkan ada hubungannya dengan pisang goreng. Keterangan pelengkap ini boleh panjang dan boleh pendek tergantung selera anda, berapa jumlah karakter yang pantas menurut anda.
Contoh:
“Biasanya pisang goreng dijadikan sebagai makanan pelengkap dan juga sebagai makanan pengganjal perut di pagi hari atau sebagai sarapan pagi. Sepulang dari pasar biasanya ibu-ibu selalu membawa pisang goreng hangat untuk anak-anaknya sebelum mereka makan nasi dan berangkat sekolah.

Maka tak heran lagi di setiap pasar maupun warung-warung pasti menyediakan pisang goreng karena makanan ini sangat disukai oleh banyak kalangan sebagai makanan sampingan yang enak dan murah harganya”. [silakan ditambahi lagi jika kurang panjang]
* Horee… Anda telah selesai membuat keterangan pelengkap. Sekarang tugas anda adalah mencari gambar pisang goreng. Silakan anda potret pisang goreng di yang ada di warung atau bisa juga anda cari di google.
4. Gambar
Gambar adalah bukti dari cerita. Gambar ini berfungsi untuk menunjukkan kepada pembaca agar mereka tahu seperti apa wujudnya pisang goreng itu. Jika kita hanya bercerita saja tapi tidak menampilkan gambar berarti sama saja kita berbohong kepada pembaca karena kita hanya cerita doang tapi gak ada buktinya, hehehe :D
Maka pasanglah sebuah gambar pisang goreng di halaman postingan anda.
Hasilnya akan seperti dibawah ini;
Sarapan Pagi Dengan Pisang Goreng
Pisang goreng adalah makanan ringan yang terbuat dari buah pisang masak dilumuri adonan tepung terigu dicampur gula serta diberi bahan-bahan lain agar menghasilkan rasa serta aroma yang manis dan gurih lalu digoreng menggunakan minyak goreng.
Pisang Goreng
Biasanya pisang goreng dijadikan sebagai makanan pelengkap dan juga sebagai makanan pengganjal perut di pagi hari atau sebagai sarapan pagi. Sepulang dari pasar biasanya ibu-ibu selalu membawa pisang goreng hangat untuk anak-anaknya sebelum mereka makan nasi dan berangkat sekolah.
Maka tak heran lagi di setiap pasar maupun warung-warung pasti menyediakan pisang goreng. Karena makanan ini sangat disukai oleh banyak kalangan sebagai makanan sampingan yang enak dan murah harganya.
Bahkan di restoran mewahpun pisang goreng mudah ditemukan. Biasanya dimodifikasi dalam bentuk pisang molen, yaitu pisang goreng yang dililiti adonan tepung lalu digoreng.
* Horee… Anda telah selesai membuat satu artikel orisinil, unik dan berkualitas. Dijamin tidak ada satupun artikel di internet yang menyamainya. Hasilnya, artikel anda pasti akan jadi nomor satu di google.
Tidak percaya? Silakan aja tulis di google pakai kata kunci ” Tips menulis artikel berkualitas dengan pisang goreng”
( i ) Gaya menulis seperti ini disebut gaya formal atau gaya resmi yang biasanya digunakan dalam penulisan di wikipedia maupun perpustakaan-perpustakaan sumber informasi terpercaya di internet.
Maka postingan seperti ini pasti akan tampil di halaman pertama google paling atas. Karena artikel ini menggunakan kosa kata yang benar, kalimat yang jelas, dan alur cerita yang mudah dipahami, serta orisinil, unik dan tidak ada yang menyamainya di internet. Artikel semacam ini jika berjumlah banyak maka akan membuat blog anda nomor satu di google.
Sepertinya tulisan anda sepele, namun google tidak bisa menyepelekan tulisan anda karena anda menggunakan pedoman cara menulis yang baik dan benar.
Semoga bermanfaat.

source

Tidak ada komentar:

Posting Komentar