Rabu, 18 Februari 2015

3 Prioritas Utama Yang Harus Dimiliki Penulis Artikel

Halo Gan/Sis... Penulis adalah sebuah profesi dan keahlian (skill). Tidak semua orang bisa menulis artikel dengan baik tanpa belajar sebelumnya. Menulis artikel tidak mudah, melainkan perlu belajar dan berlatih. Baik belajar kepada seorang guru atau belajar secara autodidak/otodidak yang artinya belajar sendiri... Seorang otodidak tidak memiliki guru, karena gurunya adalah dirinya sendiri. Dalam bahasa Yunani disebut autodídaktos.Seorang penulis artikel harus menguasai dasar pengetahuan yang
kuat dalam bidang menulis agar memenuhi syarat untuk memiliki keahlian sebagai penulis.


Berikut ini 3 hal yang menjadi prioritas utama yang harus dikuasai oleh seorang penulis artikel, baik penulis artikel di buku, website/blog, atau penulis di media lainnya.
1. Seorang penulis artikel harus menguasai bahasanya sendiri dengan baik dan sempurna, baik secara lisan maupun tulisan. Bahasa merupakan kekuatan utama bagi seorang penulis untuk berkarya. Semakin sempurna bahasa yang dia kuasai maka akan sempurna pulalah artikel yang ia ciptakan.
2. Seorang penulis harus bisa memahami arti dan maksud dari bacaan apapun yang dibacanya. Dengan mudah mencerna bacaan apapun, maka dia akan semakin sempurna dalam merangkai kalimat untuk menciptakan artikel yang paling mudah dipahami oleh pembaca.
3. Seorang penulis harus bisa mengerti dan memahami kekurangan pembaca. Dengan berpedoman pada pengalaman pembaca, maka seorang penulis akan pandai menyusun alur cerita sehingga pembaca akan langsung paham hanya dalam sekali baca.
Jika pembaca bisa mengerti dan memahami artikel karya anda hanya dalam sekali baca saja tanpa mengulanginya lagi dari atas, berarti anda adalah penulis yang hebat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar